Sarang burung walet sudah lama dikenal sangat berkhasiat untuk kesehatan. Kaisar-kaisar China adalah kaum elite pertama yang mengenalkan sarang burung walet sebagai makanan sehat ke dunia.

Mengenal Sarang Walet Merah Lengkap dengan Harganya

Namun tak semua bisa mengkonsumsinya, alasannya tentu saja karena harganya yang mahal, sehingga hanya orang-orang berpangkat dan berharta banyak yang bisa.
Mengapa Harga Sarang Burung Walet Mahal

Habitat Asli Burung Walet
Dulu sarang burung walet tak bisa didapatkan dengan mudah seperti sekarang, karena sudah bisa dibudidayakan. Para pencari sarang burung walet harus menyabung nyawa untuk mendapatkan sekilo dua kilo sarang burung walet.

Mereka harus menuruni tebing-tebing cadas di kawasan pantai dengan tambang sepanjang 100 – 200 meter untuk mencapai goa di mana burung walet bersarang. Burung walet memang menyukai daerah pantai berbatu karang yang lembab, teduh dan gelap.

Kini

sarang burung walet

bisa didapatkan di dalam kota-kota yang ramai penduduk, asal kondisi lingkungannya dibuat menyerupai habitat alami mereka. Hal yang harus diperhatikan terutama suhu, paparan sinar matahari dan kekuatan angin.

Para pembudidaya burung walet membangun bangunan khusus untuk menampung burung walet dan memancing mereka untuk bersarang dengan musik khusus. Di daerah pesisir Kabupaten Kampar, bangunan sarang walet umumnya berbentuk menara setinggi 50 – 150 meter tanpa jendela.

Apa itu Sarang Walet Merah?

Dari sekian banyak jenis burung walet, sarang walet merah adalah yang paling sulit didapatkan, karena upaya untuk membudidayakannya jarang berhasil.

Sarang walet merah yang dihasilkan oleh air liur burung walet jenis Aerodramus fuciphagus ini ukurannya juga lebih besar dibanding walet putih, walet hitam, walet hijau, walet rumput dan lain-lain, yakni 9 sentimeter dan berat sekitar 9 gram.
Sarang burung walet lainnya hanya berkisar 5 sentimeter dan lebih ringan.

Harga Sarang Burung Walet Merah

Karena sarang walet merah biasanya diperoleh saat musim penghujan dan di daerah yang kelembabannya sangat tinggi, alias di medan-medan yang sulit,harganya juga sangat mahal.

Di pasaran Harga Sarang Walet Merah paling murah Rp 15 juta per kilogram, bahkan tidak jarang dibandrol Rp 25 juta – Rp 30 juta per kilogram di toko-toko online.

Kalau diolah menjadi sop atau produk kesehatan lainnya, harga sarang walet merah bisa lebih mahal lagi, mencapai Rp 600.000 – Rp1.200.000 sepiring kecil, apalagi yang sudah berbentuk mangkok.
 Mengenal Sarang Walet Merah Lengkap dengan Harganya

Berbeda dengan

sarang walet putih,

hitam, hijau dan rumput yang hanya berkisar Rp 5 juta sampai Rp 12 juta perkilogramnya.

Demikian tentang Info Mengapa Harga Sarang Burung Walet Mahal Jika ingin bergabung di Group Facebook Suara Walet Premium untuk saling tukar info, pengalamn silahkan klik link dibawah.
https://www.facebook.com/groups/2531798236892132/