Mengenal Makanan Burung Walet di Alam

Burung walet (Collocalia vestita) merupakan salah satu jenis burung yang unik yang ada di bumi ini. Burung ini memiliki sayap yang meruncing dan berekor panjang. Habitat hidup burung walet diantaranya pantai, gua dan pemukiman.

Salah satu hal unik dari burung ini ialah dia tidak dapat bertengger dikarenakan kakinya yang sangat pendek. Meskipun tidak dapat berdiri diatas tanah, burung walet dapat menempel pada tembok maupun atap.

Cara Membuat Minuman Dari Sarang Burung Walet

Dimana Burung Walet Hidup??

Perlu Anda ketahui bahwa burung yang hanya hidup di kawasan Asia Tenggara. Merupakan burung yang paling banyak dibudidayakan karena sarangnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Sarang burung walet menjadi salah satu bagian dari burung walet yang dikonsumsi dan dipercaya baik untuk kesehatan manusia.

Hal ini bukan isapan jempol belaka, bahkan manfaat sarang burung walet ini sudah banyak pihak yang menelitinya. Dan hal yang sama juga sudah dilakukan Chinese University Hongkong yang mengatakan bahwa ini sangat baik untuk metabolisme dan kekebalan tubuh karena kandungan glikoprotein.

Karena manfaat yang luar biasa bagi tubuh, banyak orang yang mencari sarang burung walet untuk dijual. Harga dari sarang burung walet juga terbilang mahal dimana satu gram sarang burung walet bisa mencapai 20 ribu. Oleh karena itu, budidaya burung walet cukup menjanjikan.

Apa Makanan Burung Walet di Alam Liar??

Tertarik untuk melakukan budidaya? Setidaknya Anda harus tau makanan sarang burung walet dialam liar.

Dalam melakukan budidaya burung walet, makanan burung walet harus diperhatikan. Makanan yang bagus akan membuat burung walet lebih sehat sehingga menghasilkan sarang burung walet berkualitas.
Baca Juga Bisskey Liga Champions Malam Ini 2019

Apa saja makanan yang cocok untuk burung walet? Mari kita bahas.

  1. Ulat
    Jenis makanan Walet pertama yang tepat untuk burung walet ialah ulat. Kandungan protein serta gizi yang ada pada ulat dapat membuat perkembangan burung walet semakin bagus.
  2. Untuk mendapatkan ulat secara alami ada berbagai cara yang bisa anda lakukan misalkan meletakkan kulit buah buahan dan biarkan membusuk sampai ulat ulat bermunculan.
  3. Serangga kecil

    Makanan burung walet

    selanjutnya ialah serangga. Serangga kecil bisa menjadi pilihan pakan yang tepat bagi burung walet yang masih kecil. Meskipun burung walet yang masih kecil masih mendapatkan asupan dari sang induk, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan alternative makanan.

    Dalam mempermudah anda menemukan serangga, anda bisa menanam tanaman waru, manga serta lamtoro yang merupakan tanaman penghasil serangga. Contoh serangga kecil yang dimakan burung walet ialah semut, laron dan lalat.

  4. Belalang
    Burung walet menyukai hewan hewan yang berada di daerah persawahan. Salah satunya ialah belalang. Para burung walet biasanya berkumpul ketika mereka melihat ada makanan mereka di tempat tersebut.

    Selain di sawah, burung walet juga suka mencari makanan di daerah hutan. Makanan yang biasanya dimakan walet diantaranya anai, hama pad dan laron.

    Seperti burung burung pada umumnya, burung walet menyukai hewan hewan kecil seperti serangga sebagai makanan utamanya. Rantai makanan burung walet berada di daerah persawahan.

    Mengenal Makanan Burung Walet di Alam
    Selain itu, burung walet menyukai pohon pohon yang memiliki buah yang membusuk. Makanan burung walet didapatkan dari buah yang membusuk ini akan mengundang lalat buah yang akan menjadi santapan dari burung walet.