Artikel cara membangun rumah walet hemat biaya ini dibuat dan di posting oleh Randi, tim Jawarakonten.com yang merupakan jasa conetent writer untuk UKM, Startup, perusahaan, dan blogger.

Suara-walet.id – Sarang walet dikenal memiliki khasiat yang berguna bagi kesehatan manusia. Untuk mendapatkan sarang yang berkualitas pengusaha walet juga harus mengetahui cara membuat dan menjaga kandangnya dengan baik.

Pembuatan dan perawatan rumah walet ini pula yang membuat sarang walet bernilai cukup tinggi di pasaran.

Baca Juga: Mengenal Sarang Walet Merah Lengkap dengan Harganya

Dengan angka dan nilai penjualan yang tinggi ini, beberapa orang memilih untuk menjadikan usaha budidaya sarang walet sebagai usaha sampingannya. Memang  dibutuhkan modal yang tak sedikit demi membuat sebuah rumah untuk menghasilkan sarang walet.

Alasan lain mengapa memilih usaha sarang walet ini karena barang yang dihasilkan tidak akan basi dan busuk untuk dijual seperti bahan maupun olahan makanan lainnya. Jika sarang yang dipanen dapat terjual dengan baik, maka dalam waktu beberapa tahun saja Anda akan segera balik modal.

Dengan keuntungan tersebut, tidak heran mengapa banyak orang yang tergiur dengan usaha ini.

Ciri-Ciri Sarang Walet Yang Berkualitas

Tak jarang ketika dalam memanen budidaya sarang walet Anda akan menemukan beberapa hasil dengan kondisi yang kurang baik.

Waktu yang dibutuhkan walet untuk membuat sarang bisa bervariasi. Ada yang satu bulan hingga tiga bulan. Waktu tersebut pun akan menentukan hasilnya.

Sarang walet yang berkualitas akan tampak terlihat tebal dan berbentuk seperti mangkok. Sarang ini juga bersih dan kuat. Jika sudah mempunyai ciri yang seperti ini, hasil panen sarang walet Anda pun dapat dikenakan harga yang lebih tinggi.

Untuk sarang walet dengan ciri kualitas yang baik dapat dijual hingga belasan juta per kilogram. Wajar jika harganya bisa selangit, jika melihat dari perawatannya.

Demi mendapatkan kualitas seperti ini pun, seorang budidaya walet juga harus menjaga kondisi rumah walet dengan baik.

Peternak sarang walet sebaiknya rajin untuk membersihkan kotorannya. Paling tidak dua hingga tiga minggu sekali. Boleh juga menaburkan bubuk kapur pengusir serangga di beberapa sisi agar tak masuk dan mengganggu sarang walet.

Tips & Cara Membangun Rumah Walet Hemat Biaya

Pembuatan tempat tinggal untuk walet ini tidaklah sulit, karena fondasinya sama dengan membangun rumah biasa. Namun, untuk mendapatkan sarang berkualitas baik, Anda harus mengetahui bagaimana membangun rumah walet yang ideal. Tak hanya itu saja, ketelitian pun juga diperlukan pada saat memanen sarangnya.

1. Tentukan Lokasi

Menentukan lokasi untuk pembuatan rumah walet sangat penting. Ada bermacam jenis lokasi yang dapat dipilih agar lebih banyak walet tertarik tinggal di rumah tersebut.

Lokasi dengan beberapa rumah (sentra) burung walet yang sudah ada disekitarnya, memudahkan Anda memulai usaha ini. Akan tetapi Anda harus siap bersaing dengan kondisi seperti ini.

Jenis lokasi lainnya adalah yang tak jauh dari sumber makan walet, seperti persawahan dan lain sebagainya. Lokasi seperti ini juga sangat disarankan karena Anda tidak perlu repot memikirkan untuk pakan walet tersebut agar mereka tetap terus berkembang biak di rumah yang dibangun.

2. Perhatikan Suhu Rumah

Suhu rumah yang akan ditinggali walet penting untuk diperhatikan. Rumah yang disukai walet biasanya yang lembab. Kelembapan ini dapat meliputi sekitar 90% area rumah yaitu sekitar 70 – 95 derajat celcius.

Suhu ruangan juga harus sejuk dengan kisaran antara 26 – 29 derajat celcius. Kondisi ini perlu dijaga dan diperhatikan setiap harinya. Jangan sampai suhu di siang hari berbeda jauh dengan malam hari.

Perlu diingat bahwa tingkat kelembapan dan suhu ruangan berbeda jenisnya. Gunakanlah termohigrometer untuk mengukur keduanya. Alat ukur ini merupakan gabungan dari fungsi termometer (suhu) dan higrometer (kelembapan).

3. Pemilihan dan Pemasangan Sekat Papan Sirip Rumah

Rumah yang akan dihuni oleh walet sebaiknya dilengkapi sekat papan sirip. Menyekatnya pun tak boleh sesuka hati Anda saja. Dibutuhkan trik khusus agar walet betah berada disana.

Papan yang akan disekat harus disusun secara melintang dihitung dari tempat lubang angin masuk ke dalam rumah. Dari sudut papan inilah walet akan membuat sarangnya. Papan ini juga akan menghalangi cahaya matahari yang masuk, sehingga suhu ruangan dapat terjaga dengan baik.

Untuk pemasangan papan sekat ini, pilihlah jenis kayu meranti. Jenis kayu ini adalah yang paling bagus untuk walet membuat sarangnya. Kayu meranti tergolong tahan dan memiliki tektur yang tidak terlalu keras. Alternatif lain bisa menggunakan kayu jati, sengon, atau bangkirai.

Sebelum dilakukan pemasangan, jangan lupa untuk menjemurnya terlebih dahulu agar bau khas kayunya tidak terlalu menyengat bagi walet.

4. Dinding dan Atap Rumah

Demi mendukung terjaganya kondisi suhu dan kelembapan rumah, pilihlah dinding yang terbuat dari batu bata atau batako. Sementara untuk atap rumah dapat menggunakan genteng agar tak menyerap panas matahari seperti pada seng.

Baca Juga: Cara Mengatur Suhu dan Kelembaban RBW

Dengan memahami cara membangun rumah walet hemat biaya ini, Anda pun dapat menjalani usaha dengan baik. Sarang berkualitas yang bagus dapat dijual dengan harga tinggi.

Selain itu pula, konsumen pun akan merasa puas dengan kualitas sarang walet ini sehingga mereka dapat merasakan langsung akan khasiat yang dimiliki.