SUARA-WALET.ID – Membangun gedung untuk sarang walet itu gampang, namun menyesuaikan suhu, kelembaban dan syarat-syarat lainnya agar gedung tersebut diminati oleh burung walet dan bisa menghasilkan sarang berkualitas, itu lain lagi ceritanya.

Dua hal paling utama dalam membangun RBW (Rumah Burung Walet) adalah suhu dan kelembaban. Bagaimana cara mengatur suhu ruangan walet agar burung walet bisa lebih betah?

Baca Juga : Manfaat Minuman Sarang Burung Walet

Tidak hanya itu, pertanyaan yang juga kerap terjadi adalah cara mengatur kelembaban RWB walet. Untuk memberikan penjelasan mengenai dua pertanyaan tersebut, kami akan menjelaskan untuk Anda.

Cara Mengatur Suhu dan Kelembaban RBW

Suhu terbaik untuk RBW walet adalah 27 – 29 derajat Celsius. Suhu 30 – 32 derajat Celsius akan berdampak buruk pada walet rumahan. Air liurnya cepat mengering sehingga tak bisa menghasilkan sarang yang bersih dan berbentuk mangkok.

Perkembangbiakannya juga akan terganggu,  akibatnya burung walet bisa meninggalkan gedung sarang dan pergi ke gedung sarang lainnya. Sebaliknya kelembaban yang rendah akan membuat sarang retak dan keropos, sehingga kotor tak berbentuk.

Jadi bagaimana cara mengatur suhu ruangan walet?

1. Buatlah ventilasi udara.

Di daerah bersuhu 30 – 32 derajat Celsius, pipa pralon berdiameter 4 sentimeter bisa digunakan  Ruangan dengan tinggi 3-4 meter bisa dipasangi pralon dengan jarak masing-masing 1 (satu) meter dalam 2 (dua) deret.

Pralon paling atas (yang ke loteng) dan pralon paling bawah (yang ke lantai) jarak idealnya masing-masing  60 sentimeter.

2. Mempertebal dinding RBW

Bata merah dengan ketebalan 25 – 30 sentimeter terbukti ampuh menyerap panas, namun jika dinding dalam ditebalkan dengan styrofoam sekitar 5 sentimeter lagi, maka suhu yang cocok akan didapat.

3. Lakukan Pengcetan

Catlah dinding luar dengan warna putih, terutama untuk daerah yang bersuhu 30 – 32 derajat Celsius. Di daerah yang bersuhu 24 – 25 derajat Celsius warna hitam lebih pas, karena warna hitam sangat bagus menyerap panas.

4. Pemasangan Sprayer

Siapkan hujan buatan melalui sprayer. Hidupkan jika udara mulai terik untuk mendapatkan suhu ideal.

Cara Mengatur Kelembaban RBW Walet

Lalu bagaimana pula cara untuk mengatur kelembapan RWB walet yang ideal? Inilah beberapa tipsnya:

  1. Milikilah thermohygrometer, yaitu alat untuk mengukur kelembaban.
  2. Kelembaban RBW walet  tidak boleh lebih atau kurang dari 80 – 90 persen, untuk mengatur kelembaban RBW walet gunakan baskom atau bak semen permanen. Untuk daerah bersuhu 30 – 33 derajat Celsius, bak air harus 70 persen dari luas ruangan dan diisi air setinggi 20 sentimeter.
  3. Untuk daerah bersuhu 26 – 28 derajat Celsius, luas bak airnya cukup 25 persen dari luas ruangan.

Baca Juga: Apa Itu Sarang Walet Merah?

Itulah cara mengatur kelembaban RBW walet yang bisa Anda praktikkan. Ada pertanyaan? sampaikan melalui kolom komentar..