Sebagai hewan lepas, burung walet memang lebih menyukai hewan hewan yang ada di alam seperti daerah persawahan dan perhutanan. Disana mereka bisa mendapatkan makanan mereka seperti ulat dan serangga serangga kecil.

Burung walet memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, terutama sarang burung walet. Harga dari sarang burung walet terbilang mahal, hal ini dilihat sebagai peluang bagi mereka yang memiliki jiwa bisnis.

Mengenal Makanan Burung Walet Di Alam

Cara Membuat Pakan Walet Di Dalam Ruangan Rbw

Bagi anda yang melakukan budidaya burung walet, terkadang anda tidak dapat menemukan makanan alami untuk burung walet anda. Namun, anda jangan khawatir anda tetap bisa memberikan burung walet anda makan dan membuatnya sendiri.

Meskipun burung walet bisa mencari makananya sendiri di alam liar, namun jika ketersediaanya disekitar banyak tentu mereka akan lebih betah tinggal di tempat budidaya Anda. Berikut

cara membuat makanan di dalam ruang walet

yang biasa diberikan oleh mereka yang melakukan peternakan burung walet.

  1. Campuran Kedelai dan Tepung Tapioka
    Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk

    membuat makanan burung walet

    ialah dengan mencampurkan kedelai, tepung tapioka, mie instan kaduluarsa dan bahan pengurang bau. Bahan bahan ini kemudian dihaluskan dan dicampur menjadi satu. Rebus bahan yang sudah tercampur lalu diamkan beberapa bulan di dalam kandang untuk menghasilkan ulat ulat.

    Ulat merupakan pakan yang cocok untuk burung walet yang masih bayi, cara ini cocok dilakukan bagi anda yang memiliki burung walet dalam jumlah besar.

  2. Nasi
    Rekomendasi berikutnya untuk membuat makanan burung walet cukup sederhana, yang anda butuhkan hanya nasi basi dan sisa sayurang yang sudah layu.
    Letakan kedua bahan ini di kaleng bekas cat dan taruh kaleng ini di kandang burung walet. Dalam beberapa minggu, nasi dan sayuran ini akan mengeluarkan serangga yang akan disantap oleh burung walet.
  3. Perpaduan Singkong dan Kacang
    cara membuat makanan di dalam ruang walet selanjutnya ialah dengan menletakan singkong, kacang kacangan dan tepung tapioka di dalam ruangan burung walet. Bahan bahan tersebut kemudian dipercikan air sehingga nantinya akan membusuk dan bisa mengeluarkan serangg aserangga kecil.
  4. Kulit Buah
    Bahan bahan yang ada disekitar anda bisa anda manfaatkan sebagai bahan pembuat makanan untuk burung walet anda. Gunakan kulit buah yang sudah terbuah lalu kumpulkan dan letakan dalam kandang burung walet.

    Semakin lama kulit buah ini akan membusuk dan mengeluarkan ulat serta serangga. Kulit buah yang bisa anda manfaatkan diantaranya kulit buah jeruk, nangka, mangga, papaya serta rambutan.

    1. Pisang
      Agar agar, pisang ampon, ragi roti serta air dapat anda jadikan bahan utama pembuat makanan burung walet. cara membuat makanan di dalam ruang walet ialah dengan merebus agar agar dalam air mendidih kemudian campurkan pisang ambon yang telah dihaluskan.

       Cara Membuat Pakan Walet di Dalam Ruangan Rbw
      Setelah tercampur, dinginkan beberapa saat dan tambahkan 3 sdm ragi roti. Masukan bahan bahan tersebut ke dalam wadah dan letakkan di dalam ruangan walet, jauhkan dari sinar matahari langsung.

    Burung walet memang menyukai ulat dan serangga serangga kecil, oleh sebab itu teknik memunculkan ulat dan serangga dalam ruangan walet dibutuhkan untuk memastikan burung walet tidak kekurangan makanan.
    Bisskey Liga Champions Malam Ini 2019