7 Teknik Budidaya Burung Walet Terbukti Manjur

 

Budidaya walet kini semakin diminati banyak orang. Dari mulai mereka yang memang paham sampai yang hanya punya modal uang untuk menjalankannya.

Meskipun demikian, teknik budidaya walet ini tetap bisa Anda pelajari, tak harus Anda sarjana terlebih dahulu baru bisa memulai bisnis ini, siapapun bisa untuk melakukannya.

Memilih Gedung Walet Ideal Untuk Sarang Burung Walet

 

Teknik Budidaya Burung Walet Terbukti Manjur

Nah, buat Anda yang masih pemula sekali, ada beberapa teknik budidaya yang penting untuk Anda ketahui.
Bila Anda mampu menjalankannya dengan baik, panen dengan nilai yang fantastis pun bisa Anda dapatkan.
Berikut ini tekniknya:

1. Syarat Lingkungan

Pembangunan rumah burung walet dibuat di daerah perkampungan, terpencil, tepian laut, dan jauh dari keramaian. Suhu idealnya 24-26 derajat celcius. Sementara untuk kelembaban udara 80-95%.

2. Rumah Burung Walet

Semakin tinggi rumah yang dibangun maka akan semakin bagus. Desainnya bisa Anda lihat di panduan budidaya burung walet. Biasanya memiliki lubang di beberapa bagiannya sebagai tempat keluar masuk burung.

3. Mengumpulkan Walet

Walet-walet dipanggil menggunakan bunyi cuitan burung rekaman. Lalu walet-walet akan datang dan bersarang. Butuh 10 hari bagi walet membangun rumah.
Walet menyukai warna-warna rumah yang teras. Catlah rumah walet Anda dengan warna krem dan putih. Bunyi suara panggilan biasanya dibunyikan pada pagi atau sore hari.

4. Perawatan Burung Walet

Teknik budidaya walet yang selanjutnya adalah soal perawatan. Walet-walet yang baru menetas sebaiknya dibiarkan dalam mesin penetasan salama 2 hingga 3 hari.
Suhu bisa diturunkan 1- 2 derajat celcius. Caranya, bukalah ventilasi mesin penetas. Makanan alami bisa diberikan seperti rayap, semut dan serangga.

5. Perkembangbiakan

Burung walet hidup berpasangan dan akan bertemu di musim semi pada sarang yang sama. Burung ini akan bertelur dalam 2-3 hari dengan jumlah telur 2-3 butir. Walet memulai perkembangbiakan bersama pasangan pada usia satu tahun.
Burung walet paling tua bisa hidup selama 21 tahun. Sementara usia rata-ratanya 4-6 tahun.

6. Kebiasaan Bersarang

Burung walet memiliki kebiasaan bersarang di tempat-tempat yang tinggi. Bangunan-bangunan tinggi seperti masjid atau gedung-gedung sering dijadikan tempat tinggal walet.
Oleh karena itulah, semakin tinggi rumah burung yang Anda bangun, kemungkinan datangnya walet dalam jumlah banyak akan semakin besar.

7. Panen

Ada beberapa jenis cara panen burung walet, di antaranya adalah panen rampasan, buang telur dan penetasan.

Tertarik mengelola setelah menyimak teknik budidaya walet di atas? Tak perlu modal besar, karena kini juga banyak sarang-sarang walet sederhana yang dibangun dari bahan-bahan terjangkau. Selama mencoba.

7 Teknik Budidaya Burung Walet Terbukti Manjur